Ads (728x90)

Forexmart

PortalJambi - Gerhana Matahari Total tahun ini bisa kita saksikan besok (09/3). Selagi menghitung waktu mundur, kita pasti sering mendengar kabar Gerhana Matahari berbahaya kalau dilihat hanya dengan 'mata telanjang. Pasalnya, sinar Matahari yang langsung mengarah ke kita bisa membuat indra penglihatan rusak. Sebuah media nasional menulis, melihat gerhana matahari langsung juga bisa membuatmu katarak.


Berikut ini tiga cara aman agar kita bisa melihat langsung gerhana matahari total besok pagi.

Berkaca pada genanganKita mungkin sering mendengar berbagai cara aman agar sinar Matahari saat Gerhana Total tidak merusak mata. Kebanyakan, orang menggunakan kaca mata khusus untuk melindungi mata. Tapi, tahukah kita ada cara yang lebih murah dan klasik selain kaca mata? Yaitu melalui genangan air di dalam baskom yang diletakkan di bawah bayangan matahari. Selain aman, cara ini juga bikin kita tampil keren dan sangat klasik!
 
Lihat lewat lubang sekecil jarum Kalau kita suka fotografi dan mungkin pernah belajar bagaimana cara menangkap gambar lewat sebuah kaleng yang dilubangi, ternyata metode yang mirip seperti ini juga bisa digunakan untuk melindungi mata kita saat melihat gerhana matahari total besok. Dilansir dari situs National Aeronautics and Administrtation (NASA), celah dari lubang jarum ini bisa membentuk sebuah gambar gerhana matahari pada sebuah layar yang diletakkan sekitar 1 meter dari lubang kecil tersebut.

Gunakan pelindung khususMemang, kedua metode di atas tak bisa membuat kita benar-benar melihat Gerhana Matahari Total langsung. Kalau memang sangat ingin melihatnya secara lansung tanpa lewat proyeksi, kita bisa menggunakan pelindung mata khusus yang bisa melindungi mata.

Situs NASA tersebut juga mengatakan, ada sebuah filter yang memiliki lapisan tipis kromium atau aluminium pada permukaannya. Kedua bahan ini sanggup melemahkan radiasi akibat sinar matahari yang memancar begitu kuat dan membahayakan mata. Tapi dengan syarat, filter tersebut harus bisa mengirimkan cahaya kurang dari 0,003% cahaya yang tampak dan tidak lebih dari 0,5% radiasi infra merah jarak dekat. Meskipun repot, mungkin kamu ingin membuat atau mencari filter ini demi melihat Gerhana Matahari Total 2016 secara langsung. (dnd)


Posting Komentar