Ads (728x90)

Forexmart



KERINCI - Gerakan politik yang terus dibangun oleh tiga pasangan calon bupati Kerinci juga mendapat perhatian dari
 lembaga penelitian yang bergerak di bidang survei pemilihan umum di Indonesia, Indo Barometer.

Peneliti dan direktur pemenangan, Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli, menilai peta politik di Kerinci saat ini sangat menarik untuk disimak.

Saat ini kata Hadi, peluang terbesar pasangan yang akan memenangkan Pilkada Kerinci ada di tangan pasangan nomor urut 3, Zainal Abidin dan Arsal Apri.

Pasalnya, kata Hadi, dukungan penuh dari tokoh dan masyarakat Kerinci Hilir akan sangat sulit untuk dirubah oleh isu dan gerakan apapun yang dibangun oleh pasangan lawannya.

Politik identitas ini imbuh Hadi, sudah sangat mengakar di Kerinci Hilir saat ini.
"Saya melihat, Zainal dan Arsal memiliki peluang menang sangat terbuka, politik identitas itu sangat mengakar, di Kerinci itu sangat dirasakan, apapun gerakan yang dibangun oleh pihak lawan, sulit mempengaruhi arah dukungan warga," jelas Hadi Suprapto Rusli.

Saat ini tegas Hadi, peluang terbesar dengan gerakan dan kekuatan yang dibangun, Zainal dan Arsal akan memenangkan Pilkada Kerinci.
"Di basis Cabup Monadi dan Adirozal akan terbagi dua, begitu pula di basis Cawabup Ami Taher. Nah, di Hilir calonnya tunggal," tukas peneliti Indobarometer ini.

Selain itu jelasnya, nilai plus tim pemenangan Zainal dan Arsal ialah gerakan yang dibangun sangat massif.
"Gerakannya terbaca luar biasa, pertemuan dengan masyarakat jadwalnya sangat padat, itu buktinya," bebernya.

Oleh karena itu, maka posisi Zainal Abidin yang memiliki basis suara yang jelas di hilir, ditambah dengan kantong suara Arsal Apri, dan massa militan pasangan ini di beberapa Kecamatan Siulak dan Kayu Aro akan menambah perolehan suara pasangan Kerinci Hebat ini.

"Zainal juga gencar di Siulak dan Kayu Aro, itu tidak bisa dipandang remeh, dipastikan Zainal dan Arsal akan memperoleh suara yang cukup signifikan," imbuhnya.

Hadi menambahkan, adanya dukungan Kepala Daerah tetangga seperti Walikota  Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri untuk pemenangan Zainal dan Arsal juga merupakan bukti kuatnya pasangan Zainal dan Arsal saat ini.

"Kabarnya Pak AJB sudah melakukan pertemuan dengan Zainal Abidin, juga beredar poto Arsal Apri bersama AJB dan Fikar Azami dengan salam 3 jari di salah satu kedai kopi kenamaan di Kota Sungai Penuh, meski kita tidak tahu pasti apa yang dibicarakan, namun pertemuan itu penuh makna dan syarat dengan dukungan di Pilkada Kerinci. AJB itu punya pengaruh besar di Kerinci, dan tentu untuk menentukan dukungan, AJB sudah melihat peta di lapangan siapa kandidat yang pantas dan berpotensi menang di Pilkada Kerinci," pungkasnya. (*)


Posting Komentar