Bupati Kerinci Pimpin Rakor Percepatan Penanganan Covid-19

Bupati Kerinci Pimpin Rakor Percepatan Penanganan Covid-19

Selasa, 17 Maret 2020


Adirozal: Kita Harapkan Masyarakat Tenang dan Tetap Waspada

KERINCI, PJ - Menyikapi Himbauan Gubernur Jambi tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan Coronavirus Disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Kerinci melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penanganan Covid-19.

Rakor dipimpin bupati Kerinci, H Adirozal, didampingi Wakil Bupati Ami Taher, Pejabat Sekda, Unsur Forkopimda, dihadiri Kepala OPD, IDI, Basarnas, MUI dan Camat dalam Lingkup Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Ketua IDI Kabupaten Kerinci dr. Rofi dalam paparannya menjelaskan, tentang virus corona yang telah menjadi permasalahan dunia dan pola penyebaran, serta penanganannya. Dia juga menyebutkan, jika masyarakat merasa tidak sehat, untuk segera lakukan pemeriksaan untuk mendapat pengobatan.

"Angka penyebaran virus corona yang begitu cepatlah yang menjadi persoalan dunia hari ini. Jika setelah kita melakukan perjalanan ke suatu daerah yang terinfeksi dan merasa tidak sehat sepulang dari perjalanan tersebut, maka segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan," sebut dr. Ropi.

Dia juga mengungkapkan, kalau tidak memiliki riwayat perjalanan dan mengalami ciri-ciri seperti disebutkan, maka kemungkinan besar tidak akan terjangkit virus corona. "Jangan lupa makan makanan yang sehat dan bergizi serta gunakan masker, dan kurangi berada di kerumunan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Hermendizal mengatakan, sejak tiga bulan terakhir Dinas Kesehatan telah mengambil tindakan dalam menanggapi isu virus corona, dimana beberapa tindakan yang telah dilakukan yakni mengeluarkan surat edaran yang di tujukan kepada seluruh puskesmas untuk di sampaikan kepada kepala desa dan masyarakat terkait waspada akan penyebaran virus corona.

“kami juga telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan Provinsi Jambi, dalam percepatan antisipasi virus corona yang di tindaklanjuti dengan kegiatan sosialisasi. Dan kita juga sudah melakukan tindakan preventif dan represif, berupa memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait virus corona," ungkap Hermendizal.

Bupati Kerinci, H. Adirozal, usai memimpin Rakor, menyebutkan, Rakor dilaksanakan untuk menentukan status siaga darurat corona. Selain itu, katanya, juga  membentuk gugus dalam  mempersiapkan langkah apa saja yang harus dilakukan. 

Pengakuan Adirozal, meskipun sampai saat ini di Kabupaten Kerinci belum ada kasus positif corona, namun kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona penting dilakukan. Dia juga  meminta masyarakat agar tidak panik dan tidak mudah percaya dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya.

“iya, tetap waspada dan jangan meremehkan. Jangan kita blasak-blusuk padahal belum faham dengan masalah virus Corona," harapnya.

Penuturan Adirozal, saat ini ada yang salah dalam pemikiran bangsa, sekolah ditutup tapi kok keramaian dibuka masjid sepi shalat berjamaah, mall-mall malah di buka, nah pemikiran yang seperti ini yang salah, katanya. (hen)