• Jelajahi

    Copyright © Portal Jambi | Berita Jambi | Pilgub Jambi | Jambi | Corona Jambi | Kerinci | Berita Tebo | Bungo
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menu Bawah

    Terulang Lagi di Pilkada Bungo Duel Sudirman - Mashuri Jilid II

    Dilihat 0 kali Selasa, 28 Juli 2020, 11.14 WIB Last Updated 2020-07-28T04:14:09Z

    MUARA BUNGO- Duel Sudirman Zaini dan Mashuri akan kembali tersaji di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bungo 2020. Duel ini merupakan pertarungan kedua setelah sebelumnya sempat sama-sama maju di Pilkada 2015 lalu.
    Kala itu Mashuri yang menggandeng Safruddin Dwi Apriyanto (Apri) berada di posisi penantang. Kemudian Sudirman Zaini yang mengaet Ardiansyah Zulfikar Ahmad merupakan kandidat petahana.

    Bedanya pada Pilkada 2020, Mashuri yang kembali berpasangan dengan menggandeng Apri berada di posisi petahana. Sedangkan Sudirman Zaini yang saat ini masih menggodok pendamping menjadi kandidat penantang.
    Jika berkaca pada hasil Pilkada 2015, Mashuri-Apri unggul dari Sudirman Zaini dengan selisih 18,17 persen. Dimana Mashuri-Apri mendapatkan 96.173 suara atau 58,94 persen dan Sudirman Zaini meraih 67.001 suara atau 41,06 persen.

    Dari data yang dihimpun, Mashuri-Apri unggul di pada 14 Kecamatan yakni Jujuhan, Jujuhan Ilir, Tanah Sepenggal, Pelepat, Pelepat Ilir, Rimbo Tengah, Pasar Muara Bungo, Bathin III, Bathin II Babeko, Bungo Dani, Muko - Muko Bathin VII, Rantau Pandan dan Bathin III Ulu. Mashuri sendiri diusung 10 kursi yakni PBB, PKS, PKPI, Nasdem, dan PAN.

    Sementara pasangan Sudirman Zaini - Andriansah hanya unggul pada 3 Kecamatan yakni di Tanah Tumbuh, Tanah Sepenggal Lintas, dan Kecamatan Bathin II Pelayang. Sudirman diusung koalisi besar dengan 23 kursi dari partai Demokrat, PKB, PDIP, Gerindra, Hanura dan Golkar.

    Hanya saja kala itu partisipasi pemilih hanya 70,52 persen dari 241.267 suara yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada. Sedangkan pengguna hak pilih tercatat 170.130, masing-masing 121.109 pemilih laki-laki dan 119.754 pemilih perempuan yang tersebar di 647 TPS.

    Namun kondisi ini akan berbeda dengan Pilkada 2020 yang dihelar 9 Desember mendatang. Sudirman setidaknya sudah belajar dari Pilkada 2025 dan akan lebih hati-hati membaca perkembangan politik.
    Apalagi Sudirman belum memutuskan siapa pendamping yang akan digandengnya maju di Pilkada tahun ini. Setidaknya dengan kembali menghadapi Mashuri-Apri, pertimbangan basis dukungan dan perkembangan politik Bungo sudah bisa menjadi modal awal.

    Kepada harian ini, Sudirman mengaku dirinya tengah mencari wakil yang tepat. Begitu dengan partai, Sudirman mengklaim sudah aman dan siap berlayar.

    "Insyaallah saya kembali maju. Mohon doa dan dukungannya. Saat ini sedang komunikasi soal wakil. Kalau partai sudah aman. Hanura sudah ada 3 kursi. Partai lain juga sudah ada yang akan mendukung ," ucapnya.

    Sedangkan Mashuri-Apri saat ini sudah mengantongi 5 dukungan partai yakni PKS, PBB, PPP, Golkar dan partai Berkarya dengan total 10 di parlemen. "Meskipun jumlah kursi sudah cukup, namun saat ini kami terus membuka diri untuk partai lain agar bisa bergabung. Kami saat ini terus bergeral untuk mengumpulkan dukungan ," ucap Andas Toto, Direktur Pemenagan Mashuri-Apri.

    Sumber : Jambiupdate.co
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan Berikan Komentar Terbaik

    Terkini