mgi

Kamis, 28 Oktober 2021

Hot News !! Kasus HIV/AIDS di Kota Jambi Meningkat



  


JAMBI - Jumlah kasus HIV/AIDS di Kota Jambi pada tahun 2021 ini mengalami peningkatan. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Jambi Maulana saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan HIV/AIDS Kota Jambi tahun 2021, Rabu (27/10).

Maulana mengungkapkan, meskipun di masa pandemi Covid-19 ternyata kasus HIV/AIDS tetap menjadi masalah serius di bidang kesehatan.

"Saya mendapat laporan dari Kadis Kesehatan bahwa di tahun 2021 kasus HIV harus mendapat perhatian, ada kenaikan. Maka dari itu rapat koordinasi ini menjadi sangat penting karena kita mendatangkan seluruh penggiat HIV/AIDS," kata Maulana.

Sejauh ini tercatat sebanyak 1.600 kasus HIV/AIDS dari awal, hingga pada tahun 2021 mengalami peningkatan sebanyak 59 kasus.



"Kita aktifkan kembali seluruh organisasi kepemudaan, yayasan, kesra, dinkes agar tidak terjadi lagi peningkatan, kalau bisa kasus menjadi nol," ujar Maulana.

Dikatakannya lagi, turut meningkatnya transaksi narkoba berdasarkan laporan Badan Narkotika Nasional (BNN), menjadi salah satu pintu masuk penyebaran virus HIV/AIDS.

"Ada yang namanya narkoba suntik, dengan berganti-ganti suntik itu menjadi resiko penyebaran penularan HIV," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Ida Yulianti menuturkan bahwa kebanyakan dari kasus yang terpapar HIV/AIDS berusia muda.

"Yang paling banyak terkena remaja, dan ada juga anak-anak. Maksudnya ibunya positif, anak yang dilahirkan juga positif. Dan untuk yang meninggal karena HIV/AIDS belum ada," kata Ida.


Sumber Metrojambi.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Terbaik

mid